> Proses, Tahapan, dan Manfaat Daur Ulang Plastik | Kang Aconk

Proses, Tahapan, dan Manfaat Daur Ulang Plastik

Mengutip dari sebuah pendapat artis asal inggris yang sangat begitu mencintai lingkungannya.
"Saya sangat antusias untuk mendaur ulang karena saya khawatir tentang generasi berikutnya dan di mana semua limbah yang kita hasilkan ini akan terjadi. Itu harus dihentikan. Saya mencuci wadah plastik dan mendaur ulang amplop, semua yang saya bisa. "(Cherie Lunghi)

Banyak dari kita percaya pada daur ulang dan mempraktikkannya setiap hari seperti aktris Cherie Lunghi. Daur ulang plastik sangat penting untuk memastikan bahwa sumber daya alam dikembalikan ke alam untuk memastikan keberlanjutannya. Plastik seharusnya menjadi produk keajaiban abad ke-20, namun limbah beracun yang diciptakannya  malah berbahaya. Oleh karena itu, sangat penting bahwa kita mendaur ulang semua sampah plastik .


mengapa kita harus mendaur ulang plastik



Apa itu Daur Ulang Plastik?


Daur ulang plastik adalah proses untuk memulihkan berbagai jenis bahan plastik untuk memprosesnya kembali menjadi produk lain yang bervariasi, tidak seperti bentuk aslinya. Barang yang terbuat dari plastik didaur ulang menjadi produk yang berbeda, yang biasanya tidak dapat didaur ulang lagi.

Tahapan dalam Daur Ulang Plastik


Sebelum limbah plastik didaur ulang, dibutuhkan lima tahapan berbeda sehingga bisa digunakan lebih lanjut untuk membuat berbagai jenis produk.

  1. Sortasi / Memilah : memilah sampah plastik sangat perlu agar setiap barang plastik dipisahkan sesuai dengan jenis dan jenisnya sehingga bisa diproses sesuai dengan mesin shredding.
  2. Pencucian : Setelah pemilahan selesai, limbah plastik perlu dicuci dengan benar untuk menghilangkan kotoran seperti label dan perekat. Hal ini meningkatkan kualitas produk jadi.
  3. Pencabikan : Setelah dicuci, sampah plastik dimasukkan ke tempat penggilingan yang berbeda untuk mengalirkan limbah melalui shredders yang berbeda. Shredders ini merobek plastik menjadi butiran kecil, dan mempersiapkannya untuk didaur ulang ke produk lain.
  4. Identifikasi dan Klasifikasi Plastik : Setelah proses pencabikan, langkah selanjutnya adalah pengujian butir plastik, yang dilakukan dengan benar untuk memastikan kualitas dan kelasnya.
  5. Pengekstrusi: Ini melibatkan pencairan plastik robek sehingga bisa diekstrusi menjadi butir, yang kemudian digunakan untuk membuat berbagai jenis produk plastik.

Proses Daur Ulang Plastik


Di antara banyak proses daur ulang sampah plastik, berikut ini adalah yang paling populer digunakan di industri ini.

Kompresi Panas : Jenis daur ulang plastik ini mendapat permintaan khusus di Amerika Serikat, Australia, dan Jepang karena kemampuannya untuk mendaur ulang semua jenis plastik sekaligus. Dibutuhkan sampah plastik yang tidak disortir dan dibersihkan dan mencampurnya dengan gelas besar yang mengaduk seluruh campuran. Keuntungan utama dari proses ini adalah bahwa ia tidak memerlukan bentuk plastik yang sesuai untuk didaur ulang bersama.
Monomer : Melalui proses daur ulang monomer yang rumit dan akurat, tantangan utama daur ulang plastik dapat diatasi. Proses ini benar-benar membalikkan reaksi polimerisasi untuk mendaur ulang jenis polimer kental yang sama. Proses ini tidak hanya memurnikan tetapi juga membersihkan sampah plastik untuk menciptakan polimer baru.

 

Manfaat Daur Ulang Plastik


Setelah mengetahui proses dan tahapan daur ulang plastik, penting juga mengetahui berbagai manfaatnya. Beberapa di antaranya adalah:

Mengurangi Jumlah Plastik : Salah satu alasan terbesar untuk mendaur ulang plastik adalah jumlah yang sangat besar. Telah diamati bahwa 90% limbah yang diakumulasikan oleh perusahaan kotamadya adalah sampah plastik. Selain itu, plastik digunakan untuk pembuatan berbagai jenis barang dan barang yang sedang digunakan setiap hari. Ini tidak hanya akan membantu meningkatkan produksi plastik tapi juga akan menjaga lingkungan.

Konservasi Energi dan Sumber Daya Alam : Pengolahan ulang plastik membantu menghemat banyak energi dan sumber daya alam karena ini adalah bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat plastik. Menyimpan minyak bumi, air, dan sumber daya alam lainnya membantu melestarikan keseimbangan alam.

Membersihkan Tempat TPA : Limbah plastik terakumulasi di lahan yang harus digunakan untuk keperluan lain. Satu-satunya cara supaya sampah plastik ini bisa dimusnahkan adalah dengan mendaur ulangnya. Selain itu, berbagai percobaan telah membuktikan bahwa ketika bahan limbah lain dilemparkan ke tanah yang sama dengan sampah plastik, ia membusuk lebih cepat dan mengeluarkan asap beracun berbahaya setelah periode tertentu. Asap ini sangat berbahaya bagi daerah sekitarnya karena dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit paru-paru dan kulit.
Daur ulang plastik tidak hanya mempromosikan pemanfaatan limbah plastik dengan benar tetapi juga membantu melestarikan lingkungan, membuatnya lebih bersih dan lebih hijau.
Powered by Blogger